Selasa, 27 April 2010

menulis teks pidato/ceramah/khotbah dengan sistematika dan bahasa yang efektif

Menulis teks pidato/ceramah/ khotbah dengan sistematika dan bahasa yang efektif


Pidato ialah penyajian penjelasan secara lisan di depan orang banyak.
Metode pidato

1. Impromtu (serta-merta) adalah metode yang tidak mempunyai persiapan, pembicaraan serta merta bicara berdasarkan pengetahuannya.
2. Menghafal adalah berpidato yang direncanakan dengan membuat naskah kemudian dihafalkan
3. Membaca naskah adalah berpidato dengan membaca naskah yang sudah dibuat sebelumnya.
4. Ekstemporan adalah metode tanpa persiapan naskah, melainkan dengan membuat catatan-catatan yang penting

Persiapan-persiapan untuk pidato

* Meneliti masalah

1. Menentukan tujuan
2. Menganalisis pendengan dan situasi
3. Memilih tema

* Menyusun naskah

1. Mengumpulkan bahan
2. Membuat kerangka naskah
3. Menguraikan secara mendetail

* Melakukan latihan dengan suara nyaring

Ceramah

Ceramah ialah berbicara di depan umum dalam situasi tertentu untuk tujuan tertentu dan kepada pendengar tertentu. Dalam setiap ceramah pembicara harus menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang dihadapi sehingga ceramah, dapat berjalan dengan lancer. Kegiatan ceramah harus memperhatikan hal-hal antara lain : suara, intonasi, gaya bahasa, sikap, gerak-gerik, mimic sehingga pendengar dapat tertarik dengan apa yang diungkapkan. Selanjutnya, dalam berceramah perlu memperhatikan hal-hal berikut :

* Pembukaan

Hindarkan penampilan yang memperlihatkan kekurangsiapan. Hal ini akan mengurangi kepercayaan hadirin. Arahkan pandangan ke seluruh hadirin agar dapat mengenal pendengar semua. Mulailah berbicara dengan tenang dan ucapkan kata pembukaan

* Penyampaian uraian

Uraian hendaknya disampaikan secara mantap, logis dan cermat. Kalimat tersusun baik, intonasi dan aksentuasi jelas.

* Transisi

Dalam penyajian, pemindahan topik hendaknya dilakukan melalui perbuatan operasional dengan jeda, mengubah sikap taat akan membahas topik baru.

* Menjawab pertanyaan

Saat menjawab hendaknya menjawab sebatas pertanyaan saja dan jangan mengungkapkan yang tidak ada hubungan dengan pertanyaan.

* Menanggapi pendapat

Dalam menanggapi pendapat hendaknya memberikan tanggapan yang sewajarnya, baik yang menyatakan persetujuan atau penolakan.

* Menyampaikan kesimpulan dan Penutup

Sampaikan kesimpulan pada akhir ceramah, bukan pada akhir pembahasan masalah! Dalam hal ini harus tercermin adanya gagasan yang memuat pada saat tanya jawab.

Pernahkah kamu mendengar ceramah atau pidato? Kalau kita sering ke pengajian, ke masjid, ke gereja, atau aktif di berbagai kegiatan pasti sering mendengarkan ceramah, khotbah, dan pidato. Di mimbar para pembicara sudah mahir berpidato. Tahukah kamu bahwa mereka dahulu juga belajar? Dalam tahap belajar, penceramah banyak yang membuat teks sebelum
berceramah atau berpidato. Dapatkah kamu membuat teks ceramah sendiri? Teks ceramah atau pidato terdiri atas pembukaan, isi, dan penutup.
Pembukaan berisi ucapan terima kasih atau puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Isi ceramah berisi hal-hal penting yang ingin disampaikan. Penutup ceramah berisi kesimpulan dan kata penutup ceramah.
Dari teks pidato/ceramah “Persiapan Lomba Mencari Jejak” dapat dibagi menjadi tiga bagian.
1. Pembukaan berisi ucapan selamat dan syukur
Selamat sore Adik-adik!
Sebelumnya, marilah kita selalu mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat-Nya. Karena rahmat-Nya, sore hari ini kita masih dipertemukan. Setelah melewati satu hari perkemahan, bagaimana kondisi kalian? Sehat? Masih siap melanjutkan kemah?
2. Isi pidato ceramah berisi hal-hal yang disampaikan
Pada kesempatan ini, saya beritahukan bahwa besok pagi akan diadakan Lomba Mencari Jejak. Setiap regu harus mewakilkan lima anggota sebagai peserta lomba. Silakan kalian memilih wakil yang baik dan siap menjalankan tugas.
Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Kakak akan memberikan beberapa petunjuk kepada kalian.

1. Kalian harus percaya diri. Di dalam perkemahan kalian harus
mempunyai rasa percaya diri. Namun, hal tersebut jangan sampai
menimbulkan rasa sombong dan meremehkan lawan. Jangan pernah
menganggap lawan kalian di bawah kemampuan kalian! Kalian juga
tidak boleh minder atau rendah diri sebab kemampuan kalian juga
belum tentu lebih rendah daripada lawan!
2. Siapkan mental, artinya dalam pertandingan kita harus dapat berpikir
jernih, konsekuen, dan sportif. Jangan suka melakukan hal-hal yang
kurang bermanfaat dan dapat merugikan tim! Jangan terlalu bernafsu!
Jika nafsu telah menguasai kalian, pikiran kalian akan kotor dan kurang
perhitungan sehingga dapat menyebabkan kekalahan.
3. Siapkan fisikkalian. Pada pertandingan nanti, diperlukan tenaga dan
pikiran yang cukup banyak. Juara I, II, dan III akan menjadi wakil
kabupaten untuk mengikuti jambore di tingkat provinsi. Oleh karena
itu, jaga kesehatan! Jangan melakukan kegiatan yang kurang bermanfaat
dan melelahkan! Jangan tidur larut malam! Makanlah makanan yang
bergizi dan banyak beristirahat!
4. Jaga kekompakan tim!
5. Pelajari teknik dan strategi yang telah kalian pelajari!
6. Gunakan waktu luang untuk belajar, baik secara individu maupun tim.
Pada pertandingan yang akan datang, Kakak mengharapkan bukan
hanya kemenangan, tetapi lebih dari itu. Kalian harus dapat
menunjukkan kualitas dan penampilan yang baik. Kemenangan
merupakan tujuan, tapi bukan hal utama dalam kegiatan ini. Kalah
dan menang merupakan hal yang biasa. Jagalah nama baik sekolah
kalian masing-masing!
7. Penutup, berisi kata-kata perpisahan
Itulah sedikit yang Kakak sampaikan. Ada pertanyaan? Kalau tidak ada
pertanyaan, pertemuan ini kita akhiri dan sampai jumpa besok pagi. Selamat
sore!

Agar isi atau informasi dari ceramah yang kamu buat dapat dengan mudah diterima oleh pendengar (audiensi), ceramah harus dibuat secara sistematis dan dengan bahasa yang efektif.
Sistematika berarti disusun berdasarkan sistematika yang runtut. Menggunakan bahasa yang efektif berarti menggunakan bahasa yang mudah dimengerti pendengar, yaitu ringkas, tidak berbelit-belit, dan tidak terlalu panjang.

tugas!!

1. Tulislah teks pidato/ceramah/khotbah dengan judul yang Anda sukai, sesuai dengan sistematika yang sudah Anda pelajari di atas!!
2. Di kumpul lewat Blog saya, paling lambat tanggal 11 Mei 2010.

4 komentar:

  1. Selamat siang,

    Yang terhormat Kepala Sekolah SMP Santa Ursula BSD, Victoria Istiningsih.

    Yang terhormat Wakil Kepala Sekolah SMP Santa Ursula BSD Eusthasia Suwarti.

    Yang terhormat guru-guru SMP Santa Ursula BSD.

    Beserta seluruh murid SMP Santa Ursula BSD yang berbahagia.

    Salam sejahtera

    Puji Syukur saya ucapkan kepada Tuhan YME atas segala karunia-Nya, Saya juga berterima kasih kepada guru-guru yang telah menyelenggarakan acara ini. Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah mendukung acara ini.

    Pada kesempatan kali ini, saya ingin mengajak kita semua untuk mengingat kembali, beberapa pola hidup yang kita lakukan dari penyebab globalisasi. Apakah globalisasi sangat berpengaruh dalam kehidupan kita? Saya berharap pada kesempatan kali ini kita semua menjadi tahu, seberapa besar pengaruh globalisasi dalam hidup kita. Saya juga berharap kita semua dapat menghadapi pengaruh globalisasi.

    Di abad ke 21 ini, globalisasi menjadi hal yang biasa bagi kita. Globalisasi, berarti proses yang mendunia. Tentunya, semua aspek kehidupan merasakan pengaruhnya. Misalnya, di bidang transportasi. Setiap hari kita dapat melihat seluruh jalan raya dipadati oleh berbagai jenis kendaraan bermotor. Contohnya mobil. Padahal, sebelum mobil ditemukan, biasanya orang akan berjalan kaki untuk menempuh suatu perjalanan, bahkan yang sangat panjang sekalipun. Selain di bidang transportasi, aspek kehidupan yang terkena dampak globalisasi adalah telekomunikasi. Saat ini hand phone adalah alat komunikasi yang sudah dimiliki oleh setiap orang. Selain hand phone, yang tak kalah penting adalah internet. Globalisasi seperti mengharuskan kita untuk memiliki komputer yang dilengkapi dengan jaringan internet.

    Di bidang kuliner, pengaruh globalisasi juga cukup besar. Makanan khas Barat menjadi sangat populer di seluruh dunia. Contohnya Pizza Hut, KFC, CFC, Hoka Hoka Bento, dan sebagainya. Hal ini menyebabkan makanan khas dalam negri menjadi kurang diminati. Yang tak kalah penting, aspek kehidupan yang juga merasakan dampak globalisasi adalah fashion. Saat ini tren yang sangat mendunia adalah dari negara-negara barat. Jika orang Indonesia lebih memilih tren luar negri, siapakah yang akan melestarikan budaya Indonesia?

    Bidang olahraga juga merasakan dampak globalisasi. Saat ini seluruh dunia sangat meminati pertandingan sepak bola, basket, bulu tangkis, dan lain sebagainya. Bukan hanya kegiatan olahraganya, alat-alat pendukung pun ikut merasakan dampak globalisasi. Contohnya sepatu. Sepatu menjadi alat pendukung yang sangat penting. Model dan bentuk sepatu pun harus disesuaikan dengan olahraganya.

    Dari beberapa aspek yang saya sebutkan tadi, jelas bahwa globalisasi sangat berpengaruh pada seluruh aspek kehidupan. Setiap orang memang dapat merasakan pengaruhnya. Sebagai warga masyarakat yang baik, kita harus bisa menghadapi pengaruh globalisasi. Kita harus bisa mengambil nilai-nilai positif dan membuang nilai-nilai negatifnya. Misalnya, dengan menyeleksi budaya asing yang masuk ke dalam negri kita. Kita harus bisa memilih budaya yang baik, yang tidak bertentangan dengan norma-norma yang ada di negri kita. Karena budaya dalam negri adalah ciri khas negri kita sendiri, yang harus kita jaga. Agar tidak kehilangan informasi, kita harus mengikuti perkembangan informasi dan teknologi.

    Jadi ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghadapi pengaruh globalisasi. Kita boleh merasakan pengaruhnya, namun kita harus mengambil dampak positifnya, dan membuang dampak negatifnya.

    Semoga apa yang telah saya katakan tadi bermanfaat bagi kita semua yang ada disini. Saya berharap dengan adanya globalisasi ini semua orang dapat mengambil nilai positifnya. Terima kasih atas perhatian guru-guru, teman-teman, beserta kepala sekolah dan wakil kepala sekolah SMP Santa Ursula BSD. Sekian dan, selamat siang.

    BalasHapus
  2. PAK ITU CONTOH PIDATO DARI SAYA.

    BalasHapus
  3. Laili Hijjahyati
    A1A008004

    Contoh Pidato HUT Kemerdekaan RI
    Assalamualikum warrahmatullahi wabarakatuh
    Yang Terhormat Lurah Pondok Indah
    Yang Terhormat Ketua RW 07
    Yang Terhormat Ketua RT 07
    Dan hadirin sekalian yang kami muliakan

    Merdeka! Merdeka! Merdeka!
    Marilah kita haturkan puji syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala, karena atas limpahan hidayah dan rahmat-Nya, pada hari ini kita semua masih diberi kesempatan untuk ikut serta memeriahkan acara ulang tahun kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang ke-65 dalam keadaan sehat walafiat.
    Selanjutnya dengan memepeeingati hari ulang tahun kemerdekaan kita ini, kami berharap kita semua lebih meningkatkan rasa cinta pada tanah air dan bangsa, lebih meningkatkan daya juang kita terhadap bangsa dan Negara, lebih mempersatukan jiwa dan segenap raga kita untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.
    Hadirin sekalian yang berbahagia, jika kita kenang perjuangan para pahlawan tahun 1945 maka terlintas jelas di benak kita bahwa semangat pertempuran yang bagaikan api yang tak kunjung padam itu begitu hebat menyatu pada jiwa para pahlawan pejuang 45 itu. Namun demikian tak kalah pentingnya dengan peran kita semua sekarang ini. Perjuangan belumlah selesai. Korban telah banyak berjatuhan maka marilah kita tingkatkan terus jiwa dan semangat 45, dengan mewujudkan jiwa pembangunan yang tangguh.
    Kemakmuran berdasarkan keadilan dan Ketuhanan Yang Maha Esa belum kita capai. Untuk itu masih banyak yang harus kita perjuangkan. Kemerdekaan sebagai warisan para pahlawan kita ini hendaknya kita isi dengan jiwa pembangunan tanpa mengenal kepentingan pribadi terlebih dahulu.
    Jiwa dan semangat 45 ialah jiwa dan semangat kebersamaan. Jiwa yang mendahulukan kepentingan bersama di atas kepentingan golongan. Untuk itu pula maka kita wajib meningkatkan rasa solidaritas berbangsa dan bernegara. Persatuan dan Kesatuan nasional lebih di atas kepentingan kita secara pribadi dan golongan. Tumbuhkan terus semangat kebersamaan dalam memperjuangkan cita-cita kemerdekaan.
    Insya Allah harapan bangsa Indonesia mencapai kehidupan yang adil dan makmur berdasrkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dengan Ridha Allah Subhanallahu Wa Ta’ala tercapai dengan menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan nasional Indonesia. Amin Ya Rabbal Alamin.
    Akhir kata, selamat berjuang, selamat membangun bangsa dan Negara kita tercinta ini.
    Digahayu Indonesiaku! Merdeka!
    Wasalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus